Hari Ucapan Syukur

1 Tesalonika 5:18
Bulan November kemarin orang-orang di Amerika merayakan
Thanksgiving Day (Hari Ucapan Syukur).  Seorang teman  berkata kepada saya, "Enjoy our American time of Thanksgiving!"   Hari libur nasional Amerika ini dicanangkan oleh president Abraham Lincoln pada tahun 1863.  Sejak itu dirayakan setiap tahun pada hari Kamis keempat dalam bulan November. Tujuannya untuk bersyukur atas berkat-berkat TUHAN pada tahun itu.

Saya diminta memberikan renungan pendek dari Firman Tuhan tentang ucapan syukur.  Alkitab penuh dengan perintah untuk bersyukur kepada TUHAN. Banyak ayat dalam Mazmur dan di bagian lain Perjanjian Lama yang memuat ucapan syukur.

Apakah Bersyukur Itu?
Bersyukur adalah respon sukacita dari seseorang yang berterima kasih atas anugerah yang diterimanya. Jadi, pemberian atau berkat itu tidak sekedar diterima secara  "take it for granted" (dianggap biasa saja, dianggap memang seharusnya diberikan, atau dianggap sepele).  Itulah sebabnya orang sombong tidak tahu mengucapkan terima kasih.  Bersyukur memerlukan kerendahan hati.  Bersyukur itu baik bagi kesehatan jiwa kita sebagai "vitamin" yang menolong kita untuk rendah hati.

Kristus Sumber Syukur Kita
Apakah yang dikatakan Perjanjian Baru tentang ucapan syukur? Rasul Paulus menulis dalam 2 Korintus 9:15, "Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!"  Karunia (pemberian) yang tak terkatakan itu adalah Kristus.  Lihat Yoh.3:16, "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan (memberikan, menyerahkan) Anak-Nya yang tunggal ..."

Pikirkanlah pemberian Allah ini!  Hanya melalui Kristus kita dapat datang kepada Allah Bapa di sorga, diampuni dari segala dosa kita, diberi hidup kekal,  diselamatkan dari hidup yang sia-sia,  dilahirkan baru, diangkat sebagai anak-anak Allah,  dijadikan ahli waris,  didiami oleh Roh Kudus, dipenuhi dengan damai sejahtera-Nya, dsb. dsb. 

Tetapi lebih dari pada itu Alkitab berkata dalam Roma 8:32, "Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?"   John Rhoads, misionari yang pernah melayani selama 26 tahun di Tiongkok dan Jepang mengucapkan ini, "Semua berkat TUHAN mengalir kepada kita melalui Kristus."

Allah Menghendaki Kita Bersyukur Dalam Segala Hal 
Orang Kristen seharusnya sering menyanyikan lagu, "Hitunglah berkatmu s'kalian, yang turun sehari-harian, jangan enggan hitung berkatmu, ingat cara TUHAN memberkatimu!"  Coba pikirkan satu saja berkat TUHAN (besar atau kecil)  dalam tahun 2013 ini yang seharusnya membuat Saudara bersyukur!  Bagi saya, sangat banyak kebaikan TUHAN untuk sungguh saya syukuri ...

Mungkin di tahun ini ada beberapa kebutuhan yang disebabkan berbagai faktor, TUHAN belum berikan kepada kita.  Tetaplah bersyukur!  Karena bersyukur memandang kepada dua sisi:  Mata yang memandang ke belakang,  yaitu berterima kasih atas berkat-berkat yang telah TUHAN karuniakan kepada kita;  dan mata yang memandang ke depan,  yaitu beriman terhadap berkat-berkat yang TUHAN sediakan bagi kita.

Orang Kristen tidak punya alasan untuk mengeluh,  tetapi kita selalu mempunyai segudang berkat untuk berterima kasih.  Dalam semuanya itu, ucapkanlah syukur!  <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar