Jemaat dan “Rapture”.

"Rapture" adalah sebuah peristiwa yang akan terjadi sewaktu-waktu, di mana Tuhan Yesus turun dari sorga ke angkasa dan mengangkat jemaat dari bumi , kemudian Ia kembali ke sorga bersama-sama dengan jemaat-Nya itu.

I Tesalonika 4:13-18 menguraikan rapture sebagai berikut, “ … mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit, sesudah itu, kita yang hidup yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa.”


Istilah “rapture” berasal dari bahasa Latin “rapturo”, yang merupakan terjemahan dari kata Yunani “diangkat” dalam 1 Tes.4:17. Ada banyak alasan dari Alkitab bahwa rupanya rapture akan terjadi tepat sebelum masa sengsara besar di bumi dimulai. Tetapi … apakah Tuhan Yesus akan mengangkat jemaat-Nya ke sorga sebelum, selama, atau sesudah masa sengsara besar, tujuan utamanya ialah agar semua orang bersiap-sedia untuk menghadap Tuhan dan mempertanggungjawabkan hidupnya selama di bumi.

Bagi kita orang percaya, rapture merupakan aspek terpenting dalam pengharapan Kristiani. Karena, rapture akan benar-benar terjadi! Yang akan diangkat ke udara bukan merek atau gedung gereja, melainkan orang-orang yang dilahirkan baru di dalam Kristus. Setiap orang Kristen yang secara pribadi telah menerima Kristus sebagai Juruselamat-nya, mempunyai pengharapan pasti untuk ikut diangkat.

Kapan? Dengan memperhatikan nubuatan Alkitab dan menghubungkannya dengan tanda-tanda zaman, kita boleh yakin bahwa rapture sudah semakin dekat. Artinya, setiap saat peristiwa luar biasa ini bisa terjadi! Mungkin hari ini, mungkin nanti malam, mungkin besok … yang terpenting apakah kita siap???

Bagaimana seluk-beluk rapture itu bila suatu saat terjadi?
Rapture akan berlangsung tiba-tiba dengan sangat cepat secara tak terduga dan diam-diam. Yesus akan turun ke angkasa bumi ---bukan turun ke bumi--- dan mengangkat semua orang percaya ke angkasa itu untuk bertemu dengan Dia. Penduduk bumi yang belum percaya, tidak akan menyaksikan adanya pertemuan tersebut. Karena prosesnya akan sangat cepat, maka dalam sekejab mata semuanya selesai.

Pada waktu rapture, orang-orang yang mati dalam Tuhan ---yaitu, orang percaya yang sudah mati sebelumnya--- akan lebih dahulu dibangkitkan oleh Tuhan dan diberi suatu tubuh baru yang disebut tubuh kebangkitan. Dengan tubuh ini mereka diangkat ke angkasa untuk menemui Tuhan. Lalu sesudah itu, orang-orang percaya yang masih hidup, tanpa perlu mengalami kematian, akan langsung diangkat ke angkasa juga sambil tubuhnya diubah menjadi baru, menjadi tubuh kebangkitan juga. Mereka semuanya menemui Tuhan di angkasa dengan tubuh hina yang telah diganti dengan tubuh mulia! Sama dengan tubuh kebangkitan Tuhan Yesus sendiri.

Bagi orang-orang percaya sejati, rapture adalah sebuah re-uni di udara!
Reuni antara orang-orang berdosa yang diselamatkan oleh iman di dalam Yesus Kristus, dengan Sang Juruselamat, Yesus Kristus! Untuk pertama kalinya mereka akan memandang wajah Juruselamat dan Tuhan yang mereka kasihi.

Rapture juga reuni antara mereka sendiri. Mereka akan bertemu kembali dengan ayah, ibu, famili, saudara, teman, dengan siapa saja yang dikasihinya dan yang dulu sudah meninggal dalam Tuhan. Kini mereka tidak akan dipisahkan lagi oleh maut, atau oleh sebab-sebab lainnya.

Karena itu, kiranya segenap jemaat akan terhibur hatinya dengan pengharapan indah yang kita miliki ini! <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar