JHVH - Nama Pribadi Allah (3)

Nama Gabungan JHVH
Dalam hubungan dengan penebusan manusia dari dosa, JHVH memiliki tujuh nama gabungan.

Ketujuh nama ini menyatakan Dia sebagai Allah yang memenuhi setiap kebutuhan manusia sejak jatuhnya manusia ke dalam dosa sampai pada kesudahannya.

Nama-nama gabungan tersebut adalah, pertama JHVH-jireh yang artinya “TUHAN menyediakan”. Di sini ALLAH menyediakan korban dosa manusia.

Kedua, JHVH-rapha yaitu “TUHAN menyembuhkan”. Meskipun konteksnya menunjuk pada kesembuhan jasmani, namun juga mengandung makna bagi kesembuhan rohani manusia.

Ketiga, JHVH-nissi atau “TUHAN adalah panji kemenangan kita”. Nama ini ditafsirkan sesuai dengan konteksnya. Konflik yang terjadi pada masa itu ialah melawan suku Amalek. Ini adalah contoh dari konflik antara Roh melawan kedagingan. Di sini kemenangan sepenuhnya berasal dari pertolongan ilahi.

Keempat, JHVH-shalom yaitu “TUHAN damai sentosa kita”. Hampir seluruh karya JHVH dinyatakan dan diilustrasikan di dalam kitab Hakim-Hakim pasal 6. Mulai dari JHVH membenci dan menghukum dosa (ayat 1-5), JHVH mengasihi dan menyelamatkan orang berdosa (ayat 7-18), tetapi hanya melalui persembahan korban (ayat 19-21).

Kelima, JHVH-raah atau “TUHAN adalah gembalaku”. Dalam kitab Mazmur pasal 22 TUHAN memperdamaikan dengan darah dari salib. Dalam Mazmur 23 TUHAN menggembalakan “domba-domba” milik-Nya di dunia.

Keenam, JHVH-tsidkenu yaitu “TUHAN keadilan kita”. Nama ini disebut dalam kaitan dengan nubuat tentang pertobatan & pemulihan Israel di masa depan. Pada masa itu Israel akan menerima Dia sebagai JHVH-tsidkenu mereka.

Ketujuh, JHVH-shammah.  Artinya "TUHAN hadir".  Nama ini menyatakan bahwa TUHAN tinggal bersama dengan umat-Nya.

(Baca ayat-ayat Alkitab berikut: Kejadian 22:13-14, Keluaran 15:26, 17:8-15, Galatia 5:17, Hakim 6:24, Roma 5:1, Efesus 2:14, Kolose 1:20, Mazmur pasal 22-23, Yohanes 10:7, Yeremia 23:6, Yehezkiel 48:35, Matius 28:20, Ibrani 13:5).

Disarikan dari: The Scofield Reference Bible. <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar