JHVH - Nama Pribadi Allah (2)

Yesus korban dosa kita
Nama JHVH digunakan di Alkitab dalam kaitan dengan penebusan atau keselamatan manusia.

Ketika Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa dan mereka memerlukan penebusan, maka TUHAN (JHVH) Allah yang mencari mereka.

“TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: "Di manakah engkau? … Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka” (Kejadian 3:9,21).

TUHAN (JHVH) juga yang membuat pakaian dari kulit binatang dan mengenakannya kepada kedua manusia berdosa itu. Ini adalah contoh yang indah tentang kebenaran yang diberikan kepada manusia melalui sebuah pengorbanan.

Rasul Paulus menulis, “Tetapi sekarang, … kebenaran Allah telah dinyatakan, … yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya” (Roma 3:21-22).

Alkitab memberikan tekanan pada sifat-sifat JHVH sebagai Penebus manusia, di mana dosa dan keselamatan manusia berkaitan dengan sifat-sifat ilahi tersebut.

Sifat-sifat JHVH yang dimaksudkan adalah: kesucian-Nya, kebencian dan hukuman-Nya terhadap dosa, kasih-Nya terhadap orang berdosa, dan penebusan-Nya bagi orang berdosa tanpa mengorbankan keadilan dan kesucian-Nya.

Alkitab juga menekankan bahwa keselamatan yang dari pada JHVH didasarkan pada sebuah pengorbanan. “ … tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan” (Ibrani 9:22).

Kristus telah menjadi korban karena dosa kita ketika Ia menumpahkan darah-Nya dan mati di kayu salib. Karena itu hanya darah Yesus, Anak Allah, dapat menyucikan hati kita dari segala dosa.

Disarikan dari: The Scofield Reference Bible. <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar