Selamat Tahun Baru 2012

Tahun 2012 baru saja lahir! Jemaat Kristus melangkah ke tahun yang baru. Kita percaya Tuhan telah menyediakan berkat-berkat baru. Dan kedatangan Tuhan Yesus kedua kalinya makin dekat.

Tetapi tantangan-tantangan baru masih akan ada. Umur kita semua bertambah satu tahun. Dan rasul Petrus mengingatkan jemaat untuk menjadi semakin dewasa. Tidak hanya secara fisik dan usia, namun yang lebih penting bertumbuh secara rohani.

"Bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus" (II Petrus 3:18). 

Si Abigail dilahirkan tiga minggu yang lalu.  Saya heran melihat pertumbuhan fisik dan mental cucu saya itu.  Hanya dalam hitungan hari bayi kecil ini sudah bertambah segalanya. Berat badannya, tenaganya, kecerdasannya, gerak geriknya, mimiknya. Bagaimana bisa berkembang begitu cepat? Setiap hari ia minum air susu yang disediakan ibunya.

Rasul Petrus menulis, "Jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh ..." (I Petrus 2:2).

Anak-anak Allah akan bertumbuh dewasa secara rohani apabila ia selalu ingin akan air susu yang murni dan rohani. Firman Tuhan adalah satu-satunya makanan dan minuman rohani kita. Jemaat Kristus seyogyanya suka membaca Alkitab di rumahnya.

Mendengar khotbah yang benar setiap Minggu sekali di gereja itu baik. Tetapi ini tidak cukup!  Kita semua tetap perlu makan Firman Tuhan sendiri setiap hari kalau ingin bertumbuh pesat. Kemalasan membaca Alkitab bisa menyebabkan anak-anak Tuhan jadi kerdil rohani.

Air susu yang diminum bayi dan makanan yang kita makan disimpan oleh tubuh untuk membentuk enerji, membangun sel-sel baru, memperbaiki kerusakan, menjaga kesehatan, dsb.  Begitu juga Firman Tuhan akan berguna kalau disimpan dalam hati kita, bukan sekedar dipajang di rak buku sebagai Alkitab.

Sebuah ayat indah dalam Mazmur berbunyi, "Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau" (Mazmur 119:11). Pernahkah saudara menghafalkan ayat-ayat Alkitab?  Itulah cara menyimpan Firman Tuhan dalam hati saudara. 

Dapatkah saudara mengucapkan di luar kepala ayat emas orang Kristen (Yohanes 3:16)?  Atau ayat tentang keselamatan (Yohanes 1:12)? Atau ayat tentang kasih (I Korintus 13:13)?  Atau ayat tentang kehidupan Kristen (Filipi 1:21)?  Atau bahkan nas-nas terindah dalam Alkitab seperti Mazmur 23,  atau Injil Yohanes 1:1-18 ?

Bagaimana kalau kita semua menjadikan Tahun Baru 2012 ini sebagai tahun untuk menyimpan Firman Tuhan dalam hati kita?  Mungkin akan merupakan salah satu goal penting dalam hidup kita sebagai jemaat Kristus.

John Rhoads, seorang ex. misionari di Tiongkok dan Jepang selama 26 tahun, selama hidupnya telah menghafalkan 3,000 ayat-ayat Alkitab,  plus seluruh kitab Injil Yohanes, seluruh surat Roma, dan seluruh kitab Wahyu. 
_____________________________________________

KNOW THE BIBLE IN YOUR HEAD  (Pahami Alkitab dalam otak Anda)
STOW IT IN YOUR HEART  (Simpanlah Firman itu dalam hati Anda)
SHOW IT IN YOUR LIFE  (Tunjukkan Firman itu dalam hidup Anda)
SOW IT IN THE WORLD  (Taburkan Firman itu di dunia ini)
_____________________________________________

Selamat Tahun Baru 2012 !!!    <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar