Apakah "Predestinasi" Itu?

Ditentukan Lebih Dahulu
Predestinasi adalah terjadinya kehendak Allah atas apa yang telah ditetapkan oleh Allah sebelumnya. 
 
Dalam Alkitab, predestinasi erat kaitannya dengan rencana dan pilihan ilahi.

Urutannya ialah:  pertama, rencana ilahi (foreknowledge=mengetahui lebih dahulu).  Kedua, pilihan ilahi (election).  Ketiga, takdir ilahi (predestination=hal yang ditentukan lebih dahulu atau semacam takdir ilahi).

Rasul Petrus menulis dengan jelas bahwa rencana ilahi --- dalam hal ini kemahatahuan Allah, dus Allah maha mengetahui lebih dahulu--- menentukan pilihan ilahi. Jadi, predestinasi merupakan pelaksanaan dari pilihan tersebut.

Tetapi Alkitab tidak pernah menyatakan apa yang diketahui Allah lebih dahulu yang menyebabkan Allah menetapkan pilihan-Nya dan melaksanakannya dalam predestinasi.

Yang pasti di sini, Allah mengetahui lebih dahulu mereka yang akan dipilih, dan kemudian kehendak Allah jadilah pada orang-orang pilihan-Nya itu.

Karena itu pilihan ilahi di sini merupakan tindakan Allah yang berdaulat, yang di dalam anugerah-Nya telah memilih sebagian orang dari antara umat manusia bagi diri-Nya sendiri dan untuk melayani Dia.

Setiap orang yang percaya pada Kristus memiliki kepastian bahwa ia terpilih, semata-mata oleh adanya fakta bahwa ia percaya!

(Baca ayat-ayat Alkitab, Lukas 6:13, Yohanes 15:19, Kisah Para Rasul 9:15, Roma 8:29-30, I Korintus 1:27-28, Efesus 1:4-5, I Tesalonika 1:4-5, I Petrus 1:2, 20).

Disarikan dari: The Scofield Reference Bible. <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar