Apakah Perbedaan Dosa vs Dosa-Dosa Di Dalam Alkitab?

Manusia Lama Kita
Bila Alkitab menyebut “dosa”, yang dimaksudkan adalah sifatnya.  Ini berbeda dari “dosa-dosa” yang merupakan manifestasi dari sifat dosa itu.
 

Istilah “dosa” yang terdapat dalam berbagai ayat selalu berarti manusia lama kita, tabiat busuk manusia, kecenderungan jahat yang dibawa sejak lahir di dalam diri semua orang.

Jalan hidup yang mengikuti nafsu yang menyesatkan, suka berdusta, amarah berkepanjangan, doyan mencuri, perkataan kotor, kepahitan, kegeraman, pertikaian, fitnah, dan segala macam kejahatan adalah beberapa contoh dari “dosa-dosa”.

Posisi manusia lama orang percaya telah tersalib!  Karena itu jemaat diperingatkan untuk mewujudkan hal ini menjadi pengalaman hidupnya sehari-hari. Dengan menanggalkan manusia lama serta kelakuannya dan mengenakan manusia baru yang terus menerus diperbaharui, berarti kita memandang bahwa manusia lama kita telah mati disalibkan.

Manusia baru adalah manusia yang dilahirkan baru, sama sekali berbeda dari manusia lama. Manusia baru memiliki sifat ilahi dan hidup ilahi. Manusia baru bukan produk dari manusia lama yang diperbaiki atau direvisi. Manusia baru adalah Kristus yang hidup dalam orang percaya!

(Baca ayat-ayat Alkitab, Roma pasal 6-7, Galatia 5:24, Efesus 4:22,24; Kolose 3:8-14, I Yohanes 1:8,10).

Disarikan dari: The Scofield Reference Bible. <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar