Apakah Keselamatan Itu?

Keselamatan = Anugerah Allah
Dalam Alkitab kata “keselamatan” mengandung makna pembebasan atau pelepasan, selamat dan aman, terpelihara dan terjaga, penyembuhan, dan kesehatan.
 
Keselamatan adalah kata yang penting sekali dalam Injil.

Di dalamnya terhimpun seluruh tindakan dan proses penebusan seperti: pembenaran, penebusan, anugerah, pendamaian, imputasi, pengampunan, pengudusan, dan pemuliaan.

Keselamatan memiliki tiga masa (waktu), sebagai berikut:

Pertama, orang percaya telah diselamatkan dari kesalahan dan hukuman dosa. Kedua, orang percaya sedang diselamatkan dari kebiasaan dan kuasa dosa. Dan ketiga, orang percaya akan diselamatkan dari kehadiran dosa secara keseluruhan, dan menjadi sama seperti Kristus.

Keselamatan adalah pemberian cuma-cuma dari Allah, diberikan semata-mata sebagai anugerah dan hanya bisa diterima dengan iman. Jadi, keselamatan sama sekali bukan hasil usaha atau hasil pekerjaan manusia, tetapi pemberian Allah.

Urutan ilahi adalah: keselamatan dulu, setelah itu perbuatan.

Kesimpulannya, Allah menyediakan keselamatan dalam Kristus sebagai anugerah dan manusia berdosa harus menerimanya dengan iman.  Setelah diselamatkan karena iman, maka barulah orang percaya bisa melakukan pekerjaan baik seperti yang dipersiapkan dan dikehendaki Allah supaya kita hidup di dalamnya.

(Baca ayat-ayat Alkitab, Lukas 7:50, Roma 3:27-28, 4:1-8, 6:14,23; 8:2, 13:11, I Korintus 1:18, II Korintus 2:15, 3:18, Galatia 2:19-20, Efesus 2:5,8-10; Filipi 1:19, 2:12-13; II Tesalonika 2:13, II Timotius 1:9, Titus 3:5-8, Ibrani 10:36, I Petrus 1:5, I Yohanes 3:2).

Disarikan dari: The Scofield Reference Bible.  <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar