Jemaat dan Tujuan Hidup

Beberapa tahun yang lalu seorang sahabat seiman membeberkan dari Alkitab kepada kami bagaimana makna & tujuan hidup Kristiani yang sebenarnya. Kalau jemaat keliru menentukan tujuan hidupnya, maka sia-sialah seluruh kehidupan yang dijalaninya di dunia ini. Hidupnya menjadi kurang berarti karena meleset dari sasaran yang seharusnya.

Allah menciptakan manusia karena Dia berkenan melakukannya. Dan Dia menciptakan kita sedemikian rupa supaya kita dapat menikmati persekutuan denganNya untuk selama-lamanya. Jadi Allah menciptakan kita dengan maksud agar kita mengenal Dia, hidup dengan Dia, dan menikmati Dia selamanya!


Karena itu jauh di dalam hati sanubari manusia yang terdalam, ada suatu kehausan rohani yang hanya bisa dipuaskan oleh Allah sendiri. Bapa Gereja, Augustine, berkata: “Oh Allah, Engkau telah menciptakan kami bagi diriMu sendiri, dan hati kami gelisah sampai kami menemukan perhentian di dalam Engkau.”

Kalau begitu, apakah tujuan utama hidup manusia? Jawabannya adalah: “Tujuan utama manusia ialah memuliakan Allah dan menikmati Dia selamanya.” Di sorga ada 24 tua-tua yang tersungkur di hadapan takhta Allah untuk menyembah Dia yang hidup sampai selama-lamanya. Mereka berkata, “ Ya Tuhan, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendakMu semuanya itu ada dan diciptakan” (Wahyu 4:8-11).

Selama ini, apa yang terpenting dalam hidup saudara? Apakah obsesi saudara? Setiap anggota jemaat Kristiani harus menentukan pilihannya dalam hidup ini. Apakah itu ... uang, rumah, sepeda motor, mobil, sukses dalam bisnis, kedudukan, perjalanan ke luar negeri, ingin naik pesawat terbang, dan 1001 macam perkara lainnya???

Ataukah … Kristus ??? Sehingga saudara bisa mengatakan seperti yang rasul Paulus katakan, “Bagiku hidup adalah Kristus” (Filipi 1:21).

Dengan demikian, makna dan tujuan hidup jemaat ialah: Mengenal dan mengasihi Kristus, menjadi serupa dengan gambaranNya, dan melakukan pekerjaan Allah yang dipersiapkanNya sejak kekekalan, supaya segenap jemaat dapat memuliakan Dia !

Apakah tujuan hidup saudara sebagai bagian dari jemaat Kristus sudah sesuai dengan maksud Allah menciptakan kita? <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar