Masyarakat Di Bawah Naungan Allah

Allah menciptakan manusia. Sebagai Pencipta umat manusia, Allah tahu bagaimana masyarakat bisa berjalan paling baik.

Untuk itu Allah merancang aturan-aturan tertentu. Berbagai aturan itu dinyatakan-Nya di dalam Alkitab, Firman Allah yang tertulis.

Manusia Cenderung Merusak

Alkitab adalah buku yang paling realistis. Alkitab tahu kalau manusia akan tergoda untuk menginginkan milik orang lain, misalnya. Atau gampang marah jika tersinggung. Atau tidak tahu berterima kasih kepada orangtuanya. Atau tidak segan-segan berdusta yang merugikan orang lain. Alkitab tahu kalau manusia akan mengacaukan apapun yang disentuhnya.

Allah memberikan “Sepuluh Perintah” sebagai salah satu aturan yang dirancang terutama bagi kebaikan manusia. Jemaat Kristus diharapkan pernah membaca aturan yang tercatat di dalam kitab Keluaran pasal 20 ini. Tuhan Yesus menekankan tujuan utama segala aturan itu dengan berkata,” Hari Sabat diadakan  untuk manusia …” (Markus 2:27).

Aturan Pelindung Masyarakat

Setiap perintah dalam “Sepuluh Perintah” Allah itu memberikan perlindungan terhadap kekacauan yang dapat ditimbulkan oleh manusia. Memang siapa saja termasuk jemaat orang percaya mempunyai kebebasan untuk mengatakan ya atau tidak terhadap keinginan dosa. Tetapi jika kita memilih untuk menaati “Sepuluh Perintah” , kita akan terhindar dari kerusakan tertentu terhadap diri dan masyarakat kita.

Bila orang memperhatikan “Sepuluh Perintah” ini, kehidupan masyarakat di planet bumi ini akan terjalin teratur dan bermakna. Dan manfaatnya akan dirasakan oleh semua insan. Bumi akan dihuni oleh masyarakat manusia yang hidup berdampingan dalam kedamaian. Sebuah masyarakat di bawah naungan Allah!

Perintah Untuk Dilakukan

Inilah ke sepuluh perintah ilahi di atas untuk dikerjakan oleh kita setiap hari! Empat perintah pertama ditujukan kepada Allah, dan enam perintah selanjutnya terhadap manusia:

Jangan ada padamu allah lain. Jangan membuat, menyembah, atau beribadah kepada patung. Jangan menyebut nama TUHAN sembarangan. Jangan bekerja pada hari Sabat. Hormatilah orangtuamu. Jangan membunuh. Jangan berzinah. Jangan mencuri. Jangan berdusta. Jangan mengingini kepunyaan orang lain.

Diambil dari tulisan: PY, ODB.  <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar