Seri Eschatology (1)

ESCHATOLOGY

(studi nubuatan Alkitab & peristiwa-peristiwa akhir zaman)     


PRAKATA      

Dalam seri eschatology ini  kita akan membahas apa yang diajarkan Alkitab dari buku-buku yang paling banyak mengandung materi eschatology terutama kitab Yehezkiel, Daniel, Wahyu plus ayat-ayat & nas firman Tuhan lainnya.  Kita tidak mengajarkan dogma sesuatu denominasi gereja!    

Alkitab (Firman Tuhan) adalah tolok ukur bagi pengajaran yang benar atau tidak. Jadi setiap ajaran, pandangan, pendapat, atau konsep-konsep tentang Kekristenan yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya dari (ayat-ayat) Alkitab,  bukanlah kebenaran dan perlu diragukan keabsahannya.  

Karena itu sangatlah penting memahami apa yang diajarkan Alkitab.


Apakah Eschatology Kristen Itu?

Eschatology adalah salah satu divisi dari Teologia Sistematika Alkitabiah.  Eschatology membahas fakta-fakta penting atau studi tentang nubuatan Alkitab dan peristiwa-peristiwa akhir zaman.

Beberapa peristiwa itu antara lain: Rapture, Tribulasi, Kedatangan Kembali Kristus, Kerajaan Seribu Tahun, Takhta Putih Besar, dan sebagainya.

Tujuan studi eschatology ialah membantu orang Kristen melihat ke masa depan. Tuhan  ingin orang Kristen mengetahui apa yang akan terjadi di akhir zaman. Oleh karena itu kita punya tanggung jawab untuk mempelajarinya.

Dengan mempelajari eschatology kita dapat memiliki pengertian tentang nubuatan yang ada di Alkitab.  Kita bisa memahami rencana Allah ke depan dan bagaimana hidup sesuai dengan rencana-Nya.  Semua ini membantu membentuk perilaku kehidupan & pelayanan Kristiani kita sebagai response yang patut terhadap apa yang akan Tuhan lakukan ke depan.  

Pemahaman yang benar terhadap eschatology juga akan menguatkan iman, memberikan pengharapan yang penuh berkat, menyiapkan diri bagi kedatangan kembali Kristus dan membangkitkan antusiasme pemberitaan Injil anugerah Allah selama masih ada kesempatan!                                                                                                   

(bersambung)                                                                                                                                                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar